Back to Top

Cara Melunasi Utang KTA



Anda mempunyai Utang Kredit Tanpa Agunan (KTA)?, ketika anda dapat mencicilnya, maka aman-aman saja, nah tetapi, ketika anda tidak dapat membayar cicilannya, maka utang anda kian menumpuk hingga mencekik keuangan Anda.

Berikut adalah Cara Cepat Melunasi Hutang KTA

Kebanyakan masyarakat atau orang gemar mengutang, apalagi jika mengutang tidak pakai jaminan, pihak Bank juga mempunyai produk KTA (Kredit Tanpa Agunan), jika nama anda tidak pernah di blacklist, atau terdaftar hitam di bank indonesia, maka KTA anda akan cepat di setujui.

Sebagaian banyak orang yang memanfaatkan dana KTA untuk menutupi utang kartu kredit, istilahnya (Gali Lobang Tutup Lobang), karena kartu kredit tersebut telah di gunakan untuk liburan, shopping, dan mengembangkan usaha.

Baca Juga :  Cara Menghindari lilitan utang kartu kredit.

Apa lagi ketika, KTA kita di approve di salah satu bank tertentu, makan akan datang penawaran KTA dari Bank lain. Efeknya, mereka harus menanggung cicilan utang KTA lebih dari satu.

Inilah penyebab yang membuat kebanyakan orang mulai kesulitan membayar cicilan utang KTA. Apabila tidak dapat  membayar mereka akan dikenakan pinalti alias denda keterlambatan pembayaran.

Untuk itu utang KTA yang mulai menumpuk harus segera dibereskan.

"Bukan mustahil untuk menyelesaikan seluruh utang tersebut tapi Anda harus mau bersabar dan berkorban,".

Apabila saat ini Anda memiliki utang KTA lebih dari satu, maka cara melunasi utang KTA berikut perlu Anda pertimbangkan.  Cara ini dari ahli perencana keuangan. 


1. Stop (Gali Lubang Tutup Lubang), Jangan membuat utang baru untuk menutup utang lama.

Untuk membayar seluruh utang KTA Anda secara lunas, sebaiknya jangan menciptakan utang baru. "Jangan berutang untuk membayar utang, itu hanya akan menjadi masalah baru,".

Anda sebaiknya menahan diri untuk tidak lagi berutang sampai seluruh utang terlunasi.


2. Review utang ( Catat daftar Hutang Anda).

Sekarang Anda ambil alat tulis, dan buku catatan. Tulislah seluruh utang KTA yang harus dibayar dan dilunasi.

Sebaiknya Anda mencatat total hutang, tanggal jatuh tempo, nilai cicilan, dan nilai utang yang tersisa. catatan tersebut akan membantu Anda mengetahui total cicilan yang harus dibayarkan per bulan sekaligus nilai utang seluruhnya.


3. Pakai anggaran biaya hiburan untuk bayar utang

Apabila Anda ingin mencicil hutang tersebut, alias tidak ingin membayarnya sekaligus, sebaiknya buat anggaran cicilan utang. dan menggunakan anggaran biaya liburan dan biaya entertaiment untuk membayar cicilan utang tersebut. Hal ini akan menghindarkan Anda dari gagal bayar.


4. Jual Harta/ Aset.

Apabila Anda ingin segera melunasi seluruh utang KTA tersebut, Anda harus mulai mendata jumlah aset berharga yang bisa dijual atau dicairkan.

Misalnya Anda memiliki perhiasan emas. Anda harus jual perhiasan tersebut untuk membayar cicilan utang KTA yang nilainya sesuai dengan nilai penjualan perhiasan itu.

Apabila anda memiliki lebih dari 1 buah handphone, anda bisa juga menjual handphone anda, untuk membayar cicilan KTA anda tersebut.


5. Mencari Sumber pendapatan tambahan

Apabila Gaji anda tidak cukup untuk membayar cicilan utang KTA anda, "Anda sebaiknya mencari uang tambahan atau uang sampingan".

Anda bisa bekerja paruh waktu di akhir pekan untuk mendapatkan tambahan pendapatan.

Atau Anda bisa menjadi menjadi Agen Asuransi AXA dan bergabung menjadi Team kami. Kami Akan membimbing anda mendapatkan penghasilan lebih dari gaji anda.

Karena menjadi Agen Asuransi AXA, anda dapat menjalankannya, tanpa harus keluar dari tempat anda berkerja sekarang.

Anda harus Yakin!, bisa bayar lunas utang KTA, tetapi anda harus disiplin, punya niat yang kuat dan melakukan tips di atas.